Serunya jadi bagian dari komunitas Emak Pintar Bandung

Halloow semuanyah ..

Hai para pembaca, siapa disini yang sehari-hari berkutat dengan gadget ?
Aku, aku, akuuuu (nanya sendiri jawab sendiri, haha)
Coba intip whatsapp dari hp masing2 yuk, ada berapa group di whatsapp ?
Group apa aja tuuuhh ?

Awas jangan bikin group yg bikin hidup kita nggak bermanfaat yah. Sayang kuota sayang waktu juga kebuang sia2.
Aku punya group d whatsapp ada lebih dari 6, dan semuanya group nya aktif. Kebayang nggak saat dimana semua group pada chat rame-rame ? Tang ting tang ting deh tiap berapa detik sekali. Makanya hape ku sengaja di silent biar nggak bunyi terus, jadi kalo ada yang nelpon darurat suka lama keangkatnya deh. Kadang suka slow respon juga, karena nggak langsung dibales kalo ada yg nanya¬≤, hihi maapkan. Soalnya aku sih buka hape nya kalo si kecil lagi anteng aja. Kalo lagi rewel jangan harap dia ngizinin, ketauan pegang hape langsung diteriakin ,”ndaa simpen hape!” katanya. Kalo masih aja ngeyel, tuh hape langsung disita dan diumpetin entah dimana, pinternya dia, dia nyembunyiin di tempat yang nggak pernah aq sangka. Kadang diantara panci didalam lemari di dapur, kadang di kolong tempat tidur, kadang disimpen di dalem kardus disatuin sama mainan dia. Makanya rada bared2 gitu nih hape. sekitar hampir 4jam baru dia balikin lagi dan beruntungya dia inget tempat dimana dia sembunyiin. Kalo ditanya mana hape bunda? Oh iniii sambil diambil dari tempat persembunyian. Hahaha aku ada satpol PP kecil nih XD
Salah satu group yang aku ikuti adalah Komunitas Emak Pintar Bandung. Kenapa ikutan itu ?? Soalnya selain aq udah jadi emak2 aq juga pengen pintar donk meskipun kerjaan dirumah pake daster tanpa make up bahkan tanpa mandi. *eh.

Eitttsss jangan pernah mikir kalau komunitas ibu-ibu itu identik dengan arisan, belanja dan ngabisin uang kerjaannya. Kalo disini beda, arisan sih emang ada, yang membedakan disini kebanyakan adalah emak-emak yang punya jiwa wirausaha. Dimentorin oleh CEO Indscript teh Indari Mastuti dan digawangi oleh Kapten Teh Fenny Solehati.
Apa aja aktivitas dari komunitas Emak Pintar Bandung ini ? 

Uuu banyak, mulai dari sharing bisnis dari emak-emak yang omsetnya udah ratusan juta perbulan, tips bisnis dari Teh Indari setiap pagi setiap hari, lalu ada pasar emak, dimana kita para emak bisa memperkenalkan produk usaha kita masing2, ada yang jual fashion, hijab, baju dewasa n anak2, sandal lucu, kalo kuliner mah udah ga usah ditanya. Banyak banget!

Pokoknya kalo tiap hari senin jadwalnya pasar emak, harus tutup mata dan pegangin dompet erat2, kalo enggak, siap2 jebol. Haha menghindar dari belanja banyak di mall, tetep aja ada belanja nya juga di group. Tapi seru nya disini kalo kita belanja sama sesama member, selain kita nyoba produknya, bisa sambil membangun jaringan dan memperluas promosi juga. Bahkan kalo ada jadwal kopdar setiap bulan, suka pa-endorse-endorse (dibaca : saling endorse) kan lumayan tuh. Apalagi buat aq nih ya ukm baru lahir, masih orok yang perlu banyak belajar, alhamdulillah sejak bergabung disini aq dapet banyak ilmu dan dapet banyak hadiah. Hihi
Hadiah yang keliatan maa mulai dari dapet produk jualannya para emak, aq juga baru kemaren dapet HP reward dari salah satu bisnis MLM. Dan leader nya adalah member emakpintar juga. Terus aq dapet suntikan ilmu bisnis, mulai dari gimana caranya menjual produk baik secara online ataupun offline, terus ada sharing tentang foto produk juga dari Juragan Photo Product Indonesia. Pokoknya banyak bangetlah. Ini tuh jadi moodbooster aq kalo misalnya lagi males jualan, semangat kendor, pasti suka langsung “onfire” lagi deh setelah dapet tips bisnia dari group ini.
Hal yang paling dinanti dari group ini ialah kopdar rutin. Setiap bulan kita selalu mengadakan kopdar dan acaranya seru pisaaaaan.


Ini adalah salah satu acara kopdar di Saung Angklung Udjo yang acaranya barengan sama seminar Perempuan Mandiri bersama Indscript dan Kudo. Disini dibahas bagaimana menjadi seorang wanita yang kerjaannya dirumah tapi bisa punya penghasilan, nah kudo bisa banget bantu para emak nih. Dengan aplikasi kudo yang canggih, emak yang nggak punya modal pun bisa jualan loh. 


Setelah sesi pembahasan dan tanya jawab, ada juga sesi cooking demo, jadi emak-emak bisa melihat proses pembuatan cookies dari brand yang terkenal ituloh, pleus bisa icip icip juga. 


Setiap kopdar biasanya kita membuka stand dengan menjajakan semua produk usaha dari para emak. Yang pegang stand nya cuma satu atau dua orang, tapi karena banyak produknya, jadi orang pada seneng mampir ke booth kita, soalnya variatif banget. Hingga semua pada ngumpul di meja untuk bantu memasarkan produk. Dari buku islami anak, minuman kecantikan, kuliner, sampai kosmetik ada disini. Hebat kaaaann ?
Ada satu lagi sesi puncak yang paling ditunggu-tunggu sama para emak yaituuuuuu, 

Jeng jeeennggg, pengocokan arisan! Yap, pemenang akan dikocok dan disaksikan oleh semua peserta. Degdeg serrr daaahh kalo lagi pengocokan arisan. Para emak yang ikut arisan selain untung having fun, sebagian buat modal usaha, juga buat ikutan Training Bisnis. Itung-itung nabung setiap bulan, dimana menang arisan, uangnya bisa dialirkan untuk investasi. Iyaaa, training itu investasi masa depan untuk bisnia kita. Training Indscript itu beragam, mulai dari 100ribu hingga yang jutaan. 
Berkomunitas itu tidak melulu selalu bikin jebol dompet, yaaa disamping jebol dompet di hari Senin karena pasar emak, tapi kita juga akan di komporin gimana caranya mensukseskan usaha kita. Emak-emak disini pada baik banget. Ketika kita butuh apapun pasti akan ada yang bantu. Nggak cuma tips, kritik dan saran, sampe tempat daycare yang baik, terus cara merawat anak kalo lagi sakit, sampe resep juga bisa dibahas. Semuaaaa deh yang terjadi di dunia persilatan eh di dunia per”emak”an, bisa dijadiin bahan perbincangan. Tapi disini BEBAS GHIBAH. Kebanyakan nya ngebanyol. Ratu banyol di emakpintar bandung ada Juragan Otakcinong, yang sangat eksis di group. Mau belajar aaaahhh.
Nah buat para emak diluar sana yang belom dan pengen gabung di emakpintar bandung, boleh nanti aq kenalin sama kapten Mak Fenny nya ya.
Insyaallah di lain kesempatan aq mau kenalin deh para emak dan usahanya masing2. Siapa tau temen2 lagi pada perlu produknya atau pengen mencoba jadi reseller produknya. Kan memperpanjang silaturahmi itu mempermudah rezeky.

Ini kegiatan paling fresh nii . 

Tadi siang kita sebagian para emak ngumpul kopdar mini dirumah mak Natasya Jurahan Seblok. Acaranya seru, ketawa-ketiwi, sharing tentang bisnis dan produk masing-masing emak. Lucu nya, pas lagi di foto, itu dalam keadaan hujan dan baru 2x cekrek udah ujan dan seketika langsung bubar. Hahahaha

Aq kan udah cerita nih tentang serunya komunitas aq, ayo sekarang gantian yuk ceritain serunya komuitas kamu ..

Advertisements