Tumbuh Kembang Si Kecil berawal dari Perlindungan yang Optimal

Para ayah, bunda dan calon orang tua, wajib baca ini!!

image

Halo para pembaca,
Apakah anda seorang papa muda, mama muda, orang tua senior, atau baru jadi calon orang tua?

Disini saya mau sharing nih ilmu parenting yang menurut saya pribadi ini ilmu penting banget untuk diketahui dan dipahami oleh para orang tua. Tidak hanya untuk yang sudah menikah saja yang boleh baca, buat para calon pengantin pun bagus untuk tahu ilmu ini, buat bekal nanti kalau sudah menjelang punya momongan.

image

Nah untuk para orang tua senior, jangan karena jam terbang sudah lama, tapi dicoba baca dulu ini, apakah sudah benar atau belum sih cara ayah dan bunda dalam mendidik anak yang diterapkan selama ini? Karena apa yang menurut kita benar, belum tentu akan baik hasilnya.

Saya mama muda 1 anak, usia anak saya sekarang 2 tahun 4 bulan. Menjadi seorang ibu memang tidak semudah dengan apa yang saya bayangkan sebelumnya. Setelah merasakan menjadi seorang ibu, ya ampuuuuunnnn rempong cyiiiin.

Minggu kemarin saya mengikuti acara Seminar Parenting Center dari DANCOW di Trans Luxury Hotels Bandung. Untuk hasil seminarnya, saya mau share disini ya, mungkin ada para ayah bunda atau calon orang tua yang memerlukan informasi ini untuk mengamati tumbuh kembang si kecil.

Acaranya berlangsung mulai pukul 08.00 sampai pukul 14.00 dengan agenda nya Seminar Parenting dengan MC yang sudah tidak asing lagi wajahnya di layar televisi, Mba Shahnaz Haque, Pembicaranya ada Ibu Sari Sunda Bulan sebagai Pakar Nutrisi dan Ibu Ratih Ibrahim MM, Psikolog.

image
Punya kesempatan foto bareng sama MC kece Mbak Shahnaz Haque
image
Foto bareng sama Ibu Ratih Ibrahim sebelum beliau meninggalkan ballroom

Tema parenting kali ini ialah Tumbuh Kembang Si Kecil Berawal dari Perlindungan yang Optimal

Ayah, bunda, menemani dan memperhatikan tumbuh kembang si kecil adalah hal yang menyenangkan bukan?
Saat ia lahir, kita selalu penasaran menunggu perkembangannya, menantikan saat ia mulai bisa menyamping, telungkup, lalu belajat merangkak dan lain-lain adalah hal yang menarik dan pasti akan dinantikan oleh setiap orang tua. Sama halnya dengan saya, saat si kecil mulai bisa tengkurap, nggak sabar menantikan perkembangan selanjutnya. Begitu si kecil bisa melakukan hal yang kita nantikan, alangkah bahagianya hati saya. Pasti Anda juga merasakan hal yang sama kan?

Pernah nggak sih saat kita sedang piknik, si kecil selalu ngikuuuut terus sama ayahnya dan nggak mau lepas. Digendong sama ibunya pun selalu menolak. Mau jajan, nyari ayah, mau beli sesuatu, yang dicari ayahnya. Tapi saat dia merasa sedih atau tidak nyaman, dia pasti akan mencari ibunya. Nah, cinta pada ibunya seperti inilah yang disebut cinta sayang sejati. Untuk para ibu jangan merasa saat anak ada butuhnya aja cari ibu tapi saat senang cari ayahnya. Seharusnya ibu merasa senang karena sosok ibu menjadi sosok paling penting dalam hidup si kecil dan tidak bisa tergantikan oleh siapapun. Cinta anak terhadap ibunya seperti ini disebut cinta sejati. Sebagau timbal baliknya, Ayah dan Bunda juga harus memberikan cinta sejati untuk si kecil. Seperti apa sih cibta sejati untuk si kecil itu? Cinta sejati itu ialah cinta yang utuh dari Ayah dan Bunda. Berikan apa yang terbaik dan menjadi kebutuhan si kecil, bukan memberikan apa yang diinginkan oleh si kecil. Bagaimana? Sudahkah Anda memberikan cinta sejati kepada si kecil?

Berbicara tentang perkembangan si kecil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :
– Tahapan Perkembangan : ciri anak yang sedang mengalami masa tahapan perkembangan ini ialah saat si kecul mulai bisa mengucapkan “baa…bii…bu…” atau saat ia mulai mengenali wajah ayahnya, wajah ibunya dan orang-orang di sekitarnya.
– Tugas saat memasuki Tahapan Perkembangan : Bunda dan Ayah, ayo berbagi tugas untuk menemani dan menstimulasi anak saat memasuki masa Tahapan Perkembangannya seperti banyak mengajaknya mengobrol, banyak membantu ia belajar berjalan serta tugas lainnya yang dibutuhkan oleh si kecil.
– Kebutuhan si kecil di setiap perkembangannya.

Pada usia Todlerhood (1-5 tahun), si kecil sudah memasuki tahapan perkembangan. Itu artinya :
~ Ia sudah bukan bayi lagi
~ Tubuh dan otaknya mengalami pertumbuhan yang amat pesat
~ Ia sudah bisa berjalan sendiri dan mampu melakukan aktivitas secara mandiri

image
Si kecil Naufal main di booth Dancow juga udah nggak mau dipegangin, maunya sendiri aja. Hehe

~ Di usia ini pula, disebut juga usia bermain, bereksplorasi dan bertanya.
(Pantes aja, tiap lihat sesuatu yang baru, dia selalu tunjuk dan tanya itu apa, lagi seneng-senengnya bercerita, nyanyi, dan ngacak mainannya. Kalau diajak jalan-jalan nggak pernah mau diem. Tapi sekarang saya tahu, kalau itu adalah cara dia bereksplorasi. Baiklah bunda nggak akan larang-larang lagi sayang sayang deh, malah bunda mau minta jadwal sama ayah untuk ajak kamu jalan-jalan lagi. Biar kita bisa piknik maksudnya nemenin kamu bereksplorasi dan banyak belajar hal yang baru. Ngeles ^_^)

Bagi anak usia 1+, perkembangannya busa dilihat dari :
a. Fisik : si kecil akan aktif bergerak.
Ia akan senang jalan-jalan, berlari dan menjelajah tempat yang baru baginya.
b. Psikologis : si kecip memiliki rasa ingin tahu yang besar.
Ia senang mengamati. Jika ada sesuatu yang baru, ia akan senang menyentuh, senang mencoba dan banyak bertanya.
c. Sosial : peka terhadap emosi orang di sekitarnya.
Ia sangat senang memandang orang lain, ketika ada orang dihadapannya sedang melotot kepadanya, maka ia akan menangis. Sebaliknya, saat ia melihat orang di hadapannya tersenyum, maka ia pun akan membalas senyumannya.

Eksplorasi menjadi kebutuhan si kecil agar dapat tumbuh dan berkembang optimal. Ia butuh perlindungan untuk dapat bereksplorasi dan memenuhi target tumbuh kembangnya.

Ayah, Bunda, sudahkah Anda mempersiapkan bekal perlindungan untuk tumbuh kembang si kecil? Lho, emang harus punya bekal perlindungannya juga ya buat tumbuh kembang si kecil? Ya iya dooonk, tumbuhan aja kalau mau tumbuh dengan baik dan ingin berbuah dengan kualitas terbaik, perawatannya juga nggak sembarangan. Bukan cuma asal siram dan beri pupuk aja. Apalagi ini untuk tumbuh kembang anak kita, yang nantinya akan menjadi penerus masa depan kita, masa mau asal-asalan?

Nah berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebagai bekal perlindunhan untuk tumbuh kembang si kecil :
1. Cinta dari Ayah dan Bunda
Cinta ayah dan bunda terhadap si kecil akan menumbuhkan pengalaman emosi positif dan rasa aman pada si kecil. Rasa aman tersebut dibutuhkan untuk membangun Basic Trust. Basic Trust adalah cara si kecil memandang dunia di sekitarnya secara baik, yang menumbuhkan rasa berani, dan percaya diri untuk bereksplorasi.
2. Kecukupan nutrisi si kecil.
– mendukung pematangan daya tahan tubuh
– membantu tumbuh kembang otak
– menjadi penentu pertumbuhan fisik yang baik.
3. Stimulasi
Stimulasi merupakan hal penting dalam mendukung tumbuh kembang si kecil, karena :
– Dapat mengembangkan seluruh aspek kecerdasan dan kreativitas si kecil.
– Menyediakan ruang bagi si kecil untuk bereksplorasi
– Membantunya mencapai seluruh target tumbuh kembangnya secara optimal.

Nutrisi adalah penentu pertumbuhan yang sehat dan baik pada anak. Nutrisi juga berperan penting untuk membantu tumbuh kembang otak untuk proses belajarnya. Selain itu, manfaat adanya nutrisi pun salah satunya ialah dapat mencegah berbagai penyakit.
Tahukah bunda, 80% sistem daya tahan tubuh terdapat di saluran pencernaan. Jika kondisi tidak fit, maka bakteri jahat akan masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan gejala seperti :
Mual
Muntah
Begah

Kok bisa ?
Itu karena nutrisi makanan tidak diserap dengan baik. Nutrisi sangat penting untuk bantu perlindungan kesehatan saluran cerna. Lalu darimana kita bisa mendapatkan nutrisi? Kita bisa dapatkan nutrisi dari :
a) serat pangan, misalnya inulin. Terdapat pada pisang, asparagus, dsb.
b) bakteri baik ( lactobacillus rhamnosus & Bifidobactericum longum). Dan karena adanya.bakteri baik inilah mengapa membuat susu tidak boleh langsung diseduh dengan air panas karena akan merusak bakteri baiknya. Catet!
c) vitamin A, C, E sebagai antioksidan. Terdapat pada jambu klutuk, jeruk dsb.
d) Mineral, Selenium dan Zink terdapat dari daging, telur, ayam dan hewan unggas.

Baiklah itulah beberapa catatan yang saya rasa penting untuk dibagikan kepada para Ayah Bunda atau para calon orangtua.

image
Ini adalah susu pertama si kecil saat sedang seminar.
image
Ini susu kedua nya Naufal. Enak ya sayang susu nya ?

Setelah seminar, ada juga sesi tanya jawab bersama narasumber dan ada pembagian Doorprize juga.

image
Ada wajah yang saya kenal dengan salah penerima Doorprize

Saat sesi yang menegangakan, adalah saat pengocokan doorprize dan tiba-tiba saya terkejut karena ada satu peserta yang saya kenal maju ke atas panggung. Heeeiii, itu teh Fenny, emak kapten di Komunitas yang saya ikuti. Hihi beruntungnya Teh Fenny dapat doorprizenya. Yaa belum rezeky nya.

Ada acara cooking demo juga lho sama Chef Steby Rafael, chef kece ini mendemokan beberapa resep menu simpel untuk hidangan si kecil.

image

image
Chef Steby lagi bikin menu Cheese Tamagoyaki Bento

Resepnya saya share di tulisan yang lainnya ya. Mau tau ? Tungguin aja di postingan tulisan selanjutnya.

Setelah selesai, acara penutupnya adalah makan siang. Sebelum bubar, saya buru-buru kejar si Chef kece nya untuk minta foto.

image
Ternyata dari dekat chef nya emang kece.

Yeay. Itulah tadi ulasan dari seminar yang saya hadiri dengan 200 peserta lainnya. Setelah selesai, para peserta juga diberi goodie bag dari DANCOW.

image

Seru deh bisa ikut seminar ini. Kita jadi tahu tentang tumbuh kembang si kecil, tugas kita sebagai orangtua pun ikut dibahasnya. Terima kasih yang super duper sangat untuk suamiku tersayang yang rela mengundur jam iam tidurnya hanya untuk mengantar dan menemani saya ikut seminar ini.

Terima kasih sayang, terima kasih anakku Naufal yang mau nemenin bunda ikut acara ini. Terima kasih jugavhttp://www.dancow.co.id/dpc atas ilmunya.

Semoga tulisan ini bermanfaat yaaa.

sweet chocolate for sweetest moment

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s